Rangkuman Bab 3

Nama: Melisya Yamakita
Kelas: 8B
No. absen: 21




Teknologi telah berkembang dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu. Manusia memerlukan teknologi karena itu adalah sesuatu yang sangat penting dan sering digunakan, dan olleh karena itu sebaiknya kita juga mengerti tentang jenis-jenis teknologi yang ada.

Teknlogi dasar:
, Teknik menganalisis data yang mengajarkan komputer untuk belajar dari pengalaman. Algoritma ini “belajar” dari informasi yang di peroleh dari data langsung dan memiliki sifat adaptasi supaya bisa belajar untuk menjadi pintar seperti usaha manusia / binatang dalam belajar. Ada beberapa contoh penggunaan machine learning dalam bidang seperti:
-Komputasi keuangan dalam analisis kredit dan algoritma transaksi di pasar saham
-Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi objek, dan pendeteksi gerakan
-Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, pengurutan DNA, dan penemuan obat 
-Produksi energi untuk penentuan harga dan perkiraan kebutuhan untuk masa depan

-Computer Vision-
Bagian dari artificial intelligence yang membantu komputer mengembangkan teknik untuk melihat dan memahami dan membedakan konten gambar digital (seperti foto dan video). Ini digunakan dalam hal seperti mobil self-driving dan drone. Computer vision memiliki tujuan seperti
-Klasifikasi objek
-Identifikasi objek
-Verifikasi objek
-Deteksi objek
-Deteksi landmark objek
-Segmentasi objek
-Pengenalan objek

-Natural Language Processing (NLP)-
Bagian dari artificial intelligence yang memungkinkan mesin unruk membaca, memahami, dan mengetahui arti dari bahasa manusia. NLP digunakan dalam:
-Chatbot
-Program translate
-Analisis sentiment
-Search auto-complete
-Descriptive analytic
-Search autocorrect
-Form spelling check 

-Jaringan 5G-
Teknologi jaringan mobil yang diklaim memiliki kecepatan sampai 20 Gbps saat melakukan download dan kecepatan sampai 10 Gbps saat melakukan upload. Ini adalah lanjutan dari teknologi jaringan mobil 4G LTE. Teknologi 5G dapat digunakan dalam:
-Komunikasi mesin ke mesin secara massif
-Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah
-Meningkatkan layanan telepon mobile

-Internet of Things (IoT)-
 Teknologi yang memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan internet. Ini memungkinkan semua perangkat, baik mesin maupun perangkat elektronik, dipantau dan dikontrol melalui internet dan merekam data secara real time.

Aplikasi teknologi:
-Electronic commerce (e-commerce)-
Perdagangan yang dilakukan lewat jaringan telekomunikasi, terutama internet. Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh untuk perusahaan maupun konsumen, seperti:
-Perusahaan dapat menjual produk ke lebih banyak orang
-Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
-Mengurangi biaya karena tidak diperlukan banyak karyawan / toko besar
-Kurangnya biaya membolehkan harga juga rendah, jadi makin banyak yang membeli
-Barang murah meningkatkan daya saing perusahaan
-Tidak perlu mendatangi toko
-Menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja
-Lebih banyak pilihan
-Dapat membeli barang luar negeri dengan lebih gampang
-Harga barang lebih murah

-Pembayaran online-
Layanan yang memungkinkan pengguna membayar sesuatu secara online dan melakukan transaksi di internet. Beberapa contoh aplikasi untuk ini adalah PayPal, Google Pay, WePay, 2CheckOut, ProPay, Payoneer, dll.

-Internet banking dan SMS banking-
Internet banking adalah layanan perbankan melalui internet, sedangkan SMS banking adalah layanan perbankan melalui SMS.

-Pembayaran Digital-
Metode transaksi melalui media digital / elektronik tanpa cek / uang tunai. Biasanya dianggap lebih mudah, aman, dan nyaman dibandingkan pembayaran dengan uang ataupun kartu kredit / debit. Beberapa metode pembayaran digital adalah:
-Aplikasi pembayaran mobile
-Uang digital
-Aplikasi pembayaran dari media sosial

-E-government-
Layanan yang meggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan kegiatan pemerintahan. Beberapa manfaat dari ini adalah:
-Meningkatnya layanan pada masyarakat
-Meningkatnya hubungan antara pemerintah dan masyarakat
-Tersedianya informasi yang mudah diakses
-Hilangnya birokrasi

-Transportasi berbasis online-
Layanan untuk memesan transportasi (seperti taxi / ojek) secara online. Contoh dari ini adalah Grab, Gojek, Uber, dll.

-Telepon Seluler (Ponsel)-
Teknologi yang dapat menjadi alat komunikasi, kerja, hiburan, dll. Saat ini yang paling sering digunakan adalah smartphone.

-E-health-
Layanan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi unuk kesehatan dan perawatan kesehatan. Ini dapat digunakan di beberapa peran seperti:
-Administrasi
-Perawatan pasien langusung
-Engineering / information systems / information technology
-Informatika
-Penelitian / biomedicine

Beberapa contohnya adalah: 
-Konsultasi dokter online
-Electronic health record
-Clinical Decision Support System (CDSS)
-WebMD Pain Coach 
-Glucose Buddy
-uChek
-Clinical Trial Seek
¬Healthy Heart 2
-Kardia mobile (EKG)
-CDC
-Operasi jarak jauh

-Mobil self-driving-
Teknologi yang memungkinkan kendaraan untuk bergerak sendiri tanpa harus ada pengemudi. Ada beberapa hal yang digunakan dalam teknologi ini seperti:
-Sensor IoT
-Konektivitas IoT
-Algoritma perangkat lunak



-Media Sosial-
Media sosial adalah saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanta untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas. Pada media sosial, ada fitur seperti akkun pengguna, profil pengguna, teman-teman, pengikut, grup, hashtags, news feeds, notifikasi, memperbarui / memposting informasi, tombol like dan komentar, review, rating, sistem voting. Adapun cara untuk melindungi diri pada bahaya di media sosial seperti mengatur profil dan privasi, unfollow, unfriend, block, mematikan notifikasi, menghentikan komentar, dan mengatur posts dan komentar.

Media sosial memiliki dampak positif, yaitu memberikan akses kepada banyak informasi sehingga orang bisa mempelajari banyak tentang hal-hal. Contohnya, dengan sosial media kita dapat mempelajari budaya lain sehingga kita menjadi lebih toleran. Sosial media juga bisa mengajarkan tentang hal-hal baru seperti memasak, matematika, kesehatan, dll. 

Namun, media sosial juga memiliki dampak buruk. Contohnya adalah narsis dan menjadi lebih kasar pada interaksi online. Di internet juga ada kemungkinan bahwa ada banyak propaganda buruk yang dapat mengubah pola pikir seseorang secara negatif. Media sosial juga dapat digunakan untuk hal buruk seperti spam, cyberbullying / cyberstalking, memanipulasi jati diri, informasi yang berlebihan, berita palsu / hoaks, masalah privacy / security, penipuan, phubbing, kecanduan dan gangguan kesehatan, ujaran kebencian, mengancam presiden / wakil presiden, konten negative, penghinaan, pencemaran nama baik, pemerasan, dan pengancaman. 

Untuk mengurangi dampak buruk dari media sosial, ada etika dalam penggunaannya. Hal itu diterapkan untuk menjaga privasi pribadi dan orang lain. Maka berhati-hatilah jika ingin memposting sesuatu, berilah komentar yang baik, wajar dan tidak menyerang pribadi. Sebaiknya kita menggunakan bahasa yang sopan, tidak memposting konten negatif, menghargai karya orang lain dan tidak membagikan berita palsu atau hoax. Selain itu kita juga sebaiknya menggunakan etika komunikasi yang baik. Bagi para pengguna media sosial yang melanggar peraturan akan di jerat undang-undang ITE. Undang-undang tersebut terkait dengan pengunnaan media sosial dan akan menghukum orang yang melanggarnya, jadi supaya tidak terjerat, kita harus mentaatinya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Liburan saat Pandemi

Latihan Bab 3